1 Comment

Waralaba Online – Bisnis Gila dengan Modal Mendekati Rp. 0 (Nol Rupiah)

 

…::: Mukaddimah :::…

 

Artikel ini dibuat dan dipublikasikan dalam rangka memperingati Dies Natalis LPM Institut yang Ke-27, dimana dalam peringatan Dies Natalis yang ke 27 ini, LPM Institut bersama dengan Kopma UIN Jakarta mengadakan lomba Opini Blogger yang bertajuk “Membangun Usaha Waralaba, dengan Modal Sederhana”

 

 

…::: Waralaba Online :::…

Di era Globalisasi seperti sekarang ini, untuk sukses dalam ber-bisnis seakan-akan erat kaitannya dengan modal besar. Padahal, jika kita mau untuk menelisik lebih cerdik, peluang bisnis dan usaha sangatlah terbuka luas, meskipun modal yang kita miliki terbatas jumlahnya.

Waralaba Online, sesuai namanya, ide usaha ini sebenarnya telah menghantui pikiran saya sejak lama. Bagaimana tidak, aspek-aspek yang dibutuhkan untuk menjalankannya telah saya miliki, yang kurang hanyalah satu, yaitu KEBERANIAN saja. Ya, KEBERANIAN inilah yang masih saya pupuk di dalam diri saya sehingga ide usaha ini masih saya aplikasikan secara “nanggung” alias belum maksimal. Oke, sekarang saya akan mulai membedah opini saya mengenai usaha yang bisa dilakukan dengan modal nyaris gratis ini, yaitu waralaba online.

 

…::: Persyaratan :::…

Syarat-syarat untuk menjalankan usaha ini adalah sebagai berikut :

 

Syarat Wajib

| Kemauan / niat & keberanian untuk berusaha |

Faktor paling wajib yang harus dimiliki para wiraswastawan/ti, jika ini saja tidak punya, wah.. wassalam deh.

| Akses internet |

Bisa lewat apa saja, disarankan via Laptop atau PC untuk menampilkan halaman web dengan lebih sempurna, hal ini terutama terkait dengan kustomisasi web page yang akan dipakai dalam memajang barang dagangan kita.

| Ramah dalam melayani pelanggan |

Ngga ramah? Pelanggan bisa kaboorrr.

 

Syarat Tambahan (Sunnah)

| Koneksi dengan pebisnis online |

Untuk memudahkan komunikasi jika ada pesanan.

| Akun (Account) di berbagai forum online |

Forumnya yang menyediakan sarana berjual beli, misal FJB Kaskus, hal ini sangat berguna untuk menambah koneksi dengan para penjual dan pembeli online.

| Akses Mobile Banking |

Untuk lebih memanjakan dan memudahkan pembeli yang tidak sempat mentransfer bayarannya melalui cara pembayaran konvensional.

 

Yak, demikianlah syarat-syarat yang diperlukan untuk memulai usaha ini. Benar-benar nyaris gratis kan? Pengeluaran paling hanya untuk akses internet saja, ini pun bisa diakalin jika kita memang tidak memiliki uang sama-sekali *sedih amat* yaitu dengan cara meminjam laptop temen terus nongkrong deh di WiFi / HotSpot area yang menyediakan akses internet gratis, misalkan di lingkungan Kampus.

 

…::: Proses Transaksi :::…

1. Nego / minta izin ke penjual (dalam hal ini bisa penjual yang menjajakan barangnya via online / offline), utarakan bahwa anda mau jadi reseller (orang yang menjualkan kembali) produknya. Sesuai pengalaman, jarang sekali ada penjual yang menolak untuk menjalin kerjasama dengan para reseller, lagipula.. siapa yang tak mau jika barang dagangannya cepet laku.

2. Jika sudah terjalin kesepakatan antara penjual dengan anda sebagai reseller, selanjutnya adalah menanyakan kepada penjual tersebut, apakah anda bisa mendapatkan harga khusus reseller (harga yang lebih rendah dari harga yang dipatok penjual kepada pembeli biasa). Apabila penjual tidak berkenan (mungkin karena dia pun sudah mengambil margin keuntungan yang tipis) itu tidak masalah, ini bisa diakali oleh teknik pemasaran kita nantinya.

3. Buat target pasar / komunitas calon pembeli yang berbeda dengan Penjual yang kita jual kembali barangnya. Misalnya penjual yang merupakan partner kita tersebut membuka toko di Glodok, Anda buat di Facebook (FB) atau Forum Jual Beli (FJB) Online lainnya seperti FJB Kaskus, Indowebstore, Multiply, Dinomarket, dan lain sebagainya. Bagaimana misalnya jika Penjual sudah punya akun Toko di Facebook? Tenang saja, Anda masih bisa berjualan di Facebook, toh relasinya pun berbeda kan? Namun usahakan akun Facebook anda tersebut memiliki cukup banyak teman (minimal 1000 friends).

4. Promosikan portal toko online beserta barang dagangan Anda. Misalkan Anda jualannya di FB, promosinya ya bisa melalui update status, kirim pesan dinding / wall, ataupun foto tagging (inga-inga! jangan terlalu sering nge-tag barang dagangan ke teman, nanti malah jadi bikin sebal *pengalaman pribadi* heheh). Eniwei, inilah salah satu keuntungan mangais nafkah di dunia maya, sembari promosi kita juga tetep bisa meneruskan hobi online (hare gene siapa sih yang ga hobi online, heheh), ya misalkan maen ke forumnya LPM Institut ..😉

5. Pas ada pembeli yang berminat pada salah satu dagangan, sebaiknya lapor dulu ke penjual mengenai stok barang tersebut.

6. Ketika semuanya telah ok, pembeli transfer biaya pembelian ke reseller. Reseller lalu memesan ke penjual, dan si penjual lah yang pada akhirnya mengurus sisanya, mulai dari pengiriman hingga klaim garansi (jika memang ada).

7. Nikmati uang anda.. huahahahaha

 

…::: Plus-Minus Waralaba Online :::…

[ + ] Modal sangat rendah, hampir Nol Rupiah.

[ — ] Kualitas barang tidak bisa dipastkan sendiri oleh reseller

[ + ] Reseller tidak butuh waktu ke jasa pengiriman buat kirim-kirim barang.

[ — ] Proses tanya-jawab anda dengan pembeli relatif cukup lama, karena anda perlu tanya ke penjual (kecuali kalo anda sebagai reseller ngerti banget sama produknya)

[ + ] Fleksibel, khususnya buat barang yang musiman. jadi kalau udah gak ngetren, bisa langsung ke pindah barang lain

[ — ] Jika barang pesanan pembeli tidak sampai / lama diterimanya / tidak sesuai dengan yang diharapkan pembeli, maka kemungkinan besar si reseller lah yang kena bad reputation, bukan si penjual

[ + ] Bisa punya banyak usaha yg dijalanin bareng-bareng, misalkan : reseller gelang magnet + baju + handphone + laptop, dll, dll, dll, dll

Skor Akhir = Plus [4] versus [3] Minus

 

…::: Penutupan :::…

Pesimis = “Yahhhh, ada minusnya ya ternyata? Males ah!”

Optimis = “Emangnya hal apa di Dunia ini yang ga ada resikonya (zero risk) ?, tidur pun ada resikonya cuy, misalnya nih yah.. ga sengaja nelen cicak gitu.. heheh..”

Yakk, demikianlah sodara-sodara, penutup berupa monolog singkat dari sayah, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb .

 

regards, adityakuza

sumber pencerahan = http://www.kaskus.us

One comment on “Waralaba Online – Bisnis Gila dengan Modal Mendekati Rp. 0 (Nol Rupiah)

  1. klo warnanya kuning agak sakit mata bacanyaa -_-‘

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: